200 Mahasiswa Hadir, Ini Pesan BPK tentang Pemberantasan Korupsi

by Admin 4

JAKARTA, WARTAPEMERIKSA – BPK berperan dalam upaya pemberantasan korupsi. Salah satunya melalui pemeriksaan investigatif. Pemeriksaan investigatif oleh BPK tersebut bertujuan untuk mengungkap penyimpangan yang berindikasi tindak pidana pada pengelolaan keuangan negara, serta untuk menghitung kerugian negara. “Penyimpangan dalam konteks ilmu audit yaitu kekeliruan atau error dan kecurangan atau fraud. Hal yang membedakan keduanya antara lain unsur kesengajaan,” jelas Anggota III BPK Achsanul Qosasi dalam kuliah Akuntansi Forensik dan Investigasi pada Selasa (8/11/2022) di Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jakarta. 

Penyimpangan yang berindikasi tindak pidana mencakup menyuap pejabat negara, menyalahgunakan wewenang, melakukan korupsi, menggelapkan aset, dan melakukan kecurangan atas laporan keuangan. Dikatakan oleh Achsanul, “Dalam konteks ilmu hukum, penyimpangan dikenal sebagai Perbuatan Melawan Hukum, yaitu perbuatan yang bertentangan dengan hukum pada umumnya, baik tertulis maupun tidak tertulis atau kepatutan dalam masyarakat”.

Kuliah umum yang diikuti sebanyak 200 lebih mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis ini, dilakukan BPK untuk memaparkan peran BPK dalam pemberantasan tindak pidana korupsi.

You may also like