Makin Canggih, BPK Perkuat Layanan Lewat Perangkat Mobile

by Admin 1
Gedung BPK

JAKARTA, WARTAPEMERIKSA — Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) mengembangkan BPK One Apps sebagai aplikasi yang dikembangkan dengan platform mobile. Aplikasi itu tersedia untuk pengguna android dan Ios untuk memudahkan pegawai mengakses layanan yang biasa digunakan melalui perangkat mobile.

BPK One Apps diperlukan karena perangkat mobile lebih banyak diakses pengguna, serta dapat dilakukan personalisasi fitur dan notifikasi. Hal itu merupakan bagian dari Rencana Strategis Badan Pemeriksa Keuangan (Renstra BPK) Tahun 2020–2024 yang mengamanatkan implementasi transformasi digital untuk mencapai visi dan misi BPK.

Sebagai salah satu bentuk implementasi digital tersebut, BPK telah mengembangkan Digital Enterprise Architecture (DNA). Hal ini juga sebagaimana ditetapkan dalam Peraturan Sekretaris Jenderal BPK Nomor 44 Tahun 2022 tanggal 22 Juli 2022.

Saat ini, terdapat beberapa fitur BPK One Apps yang telah dikembangkan, yaitu fitur presensi, dimanfaatkan pengguna untuk melakukan presensi. Kemudian, fitur aktivitas untuk mencatat aktivitas harian yang telah dilakukan pegawai, fitur kalender untuk memastikan presensi dan pencatatan aktivitas telah dilakukan, disajikan dalam bentuk kalender.

“Pada tahap awal, terdapat empat fitur utama yaitu beranda, pemeriksaan, layanan manajemen, dan download mobile app.”

Kemudian, fitur SIAP yang memberikan informasi penugasan pemeriksaan, reviu, dan status PKP, fitur layanan TI untuk mengajukan dan memantau proses permintaan layanan TI. Lalu fitur izin untuk mengajukan izin dari bawahan kepada atasan.

BPK juga mengembangkan BPK One Web yang dapat diakses melalui go.bpk.go.id. BPK One Web akan menjadi media kerja utama office automation dan dapat menyediakan personalisasi fitur dan notifikasi. BPK One Web juga mempermudah akses ke semua aplikasi internal BPK.

Pada tahap awal, terdapat empat fitur utama yaitu beranda, pemeriksaan, layanan manajemen, dan download mobile app. Pengembangan BPK One Web akan dilakukan secara berkelanjutan.

Fitur yang tersedia saat ini akan terus dikembangkan untuk mendukung implementasi office automation. Penambahan fitur tersebut antara lain terkait dengan kepegawaian, fasilitas-fasilitas yang dapat dimanfaatkan oleh pengguna, serta data analytics.

You may also like