Tak Elok Lagi Sungaiku

by Super Admin
Tak Elok Lagi Sungaiku

JAKARTA, WARTAPEMERIKSA – Pemeriksa BPK melakukan trekking menyusuri hutan selama 30 menit lebih untuk sampai ke bangunan intake sungai Gemuruh yang masuk dalam kawasan hutan lindung yang terletak di Gunung Muncung, Dabo Kabupaten Lingga, Provinsi Kepulauan Riau. Ini dilakukan untuk cek fisik sumber air bersih dan sarana penyediaan air bersih pada PDAM Kabupaten Lingga.

Sungai Gemuruh merupakan sumber air bersih yang digunakan oleh PDAM Kabupaten Lingga. Hanya saja kondisinya cukup memprihatinkan. Dahulu badan sungai Gemuruh terdiri dari batu-batu kali. Akan tetapi sejak tahun 1990-an badan sungai mengalami sedimentasi lumpur dan pasir mulai dari hulu sampai bak intake. Hal ini tentunya mempengaruhi debit dan kualitas air. Apalagi saat musim hujan ketika kekeruhan air meningkat.

Sedimentasi lumpur dan pasir ini disebabkan adanya illegal logging di pesisir sungai bagian hulu yang membuat tanah dan material pasir longsor ke badan sungai dan terbawa arus ke hilir. Ini seharusnya tidak terjadi mengingat kawasan tersebut memiliki fungsi sebagai perlindungan sistem penyangga kehidupan untuk mengatur tata air, mencegah banjir, dan mengendalikan erosi.

Foto : Yanhari
Unit Kerja : BPK RI Perwakilan Kalimantan

You may also like