Ini Kata Menhub Soal Pencalonan Anggota dan Auditor Eksternal IMO

by Admin 1
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi

JAKARTA, WARTAPEMERIKSA — Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyebut Indonesia kembali mencalonkan diri sebagai anggota Dewan International International Maritime Organization (IMO) Kategori C periode 2024-2025. Lalu, Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) menjadi auditor eksternal IMO periode 2024-2027.

Dia menjelaskan, pencalonan kembali Indonesia sebagai anggota dewan IMO merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan eksistensi dan peran aktif Indonesia di kancah internasional. Langkah ini juga diyakini memperkuat visi untuk menjadikan Indonesia sebagai poros maritim dunia.

“Kita patut berbangga bahwa BPK juga kembali mencalonkan diri,” tutur dia dalam focus group discussion (FGD) dengan tema “Peran dan Kontribusi Indonesia pada Organisasi Maritim Dunia atau International Maritime Organization (IMO)” yang diselenggarakan di Jakarta, Jumat (3/11/2023).

Menurut Budi, sebagai negara anggota IMO sejak 1961 dan anggota dewan IMO sejak 1973, Indonesia terus berkomitmen mempromosikan keselamatan dan keamanan pelayaran, serta perlindungan lingkungan laut. Baik di tingkat nasional, regional maupun global. “Serta mengeksplorasi peran Indonesia di berbagai kerja sama teknis dengan IMO,” ujarnya.

Oleh karena itu, dia mengajak seluruh mitra kerja terkait untuk mendukung pencalonan Indonesia sebagai anggota Dewan IMO dan BPK sebagai auditor eksternal IMO.

“Saya mengajak seluruh pihak baik kementerian/lembaga, akademisi, industri dan asosiasi di bidang pelayaran, serta unsur terkait lainnya, untuk bersinergi menyukseskan pencalonan kembali Indonesia sebagai anggota Dewan IMO dan sebagai auditor eksternal IMO,” tutur dia.

You may also like