BPK Terpilih Jadi Ketuanya, Yuk Kenali Apa Itu INTOSAI

by Admin 1
INTOSAI

JAKARTA, WARTAPEMERIKSA — Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) telah terpilih menjadi tuan rumah INCOSAI XXVI Tahun 2028 sekaligus Ketua INTOSAI 2028-2031. Sebagai organisasi lembaga pemeriksa sedunia, INTOSAI memiliki sejarah panjang yang bermula pada November 1953.

Kala itu, supreme audit institution (SAI) Kuba mengundang para pimpinan SAI dari negara-negara seluruh dunia untuk menghadiri suatu pertemuan di Havana, Kuba. Dasar pemikiran penyelenggaraan pertemuan ini adalah adanya kesadaran penuh tentang perlunya pengembangan SAI dan penguatan hubungan kerja sama antara SAI di seluruh dunia. Pertemuan ini dihadiri oleh delegasi SAI 34 negara anggota PBB.

Pertemuan di Havana, Kuba ini telah membuka jalan bagi pendirian INTOSAI (International Organization of Supreme Audit Instutions) dengan moto “Experientia Mutua Omnibus Prodest”. Hal ini mengandung arti “pengalaman bersama bermanfaat bagi kita semua”.

Pertemuan ini disebut juga sebagai Kongres INTOSAI yang pertama. Dr Emilio Fernandez Camus, Ketua SAI Kuba, terpilih sebagai Ketua INTOSAI yang pertama dan kantor SAI Kuba sebagai kantor pertama Sekretariat INTOSAI. Selain itu, diputuskan juga bahwa kongres INTOSAI akan diadakan setiap tiga tahun sekali.

Pada tahun 1960, SAI Kuba secara resmi melepaskan perannya sebagai Sekretariat INTOSAI. SAI Austria kemudian mengambil alih fungsi sekretariat INTOSAI dan melanjutkan kegiatan utama mempromosikan bidang pemeriksaan keuangan negara dan pengendalian manajemennya.

“Kapan BPK mulai masuk dalam keanggotaan INTOSAI? Jawabannya, pada Kongres INTOSAI keenam di Tokyo, tanggal 22 Mei 1968. Disahkan oleh Governing Board, BPK menjadi anggota penuh INTOSAI. Pengesahan keanggotaan BPK tersebut dihadiri oleh Ketua BPK, D Suprajogi dan Sekretaris Jenderal BPK, Muljatno Sindhudarmoko.”

Pada kongres INTOSAI keenam di Tokyo Jepang tahun 1968 disahkan INTOSAI Standing Orders (semacam anggaran dasar) dan SAI Austria secara resmi ditetapkan sebagai sekretariat tetap INTOSAI. Selain itu, ditetapkan juga bahwa INTOSAI merupakan satu-satunya organisasi permanen SAI-SAI dari negara-negara anggota PBB.

Pada Kongres INTOSAI kedelapan di Madrid, Spanyol tahun 1974, nama sekretariat internasional INTOSAI diganti menjadi Sekretariat Jenderal INTOSAI. SAI suatu negara diharapkan dapat bekerja sama dengan INTOSAI agar pandangan SAI tersebut menjadi lebih luas sampai di luar jangkauan nasionalnya dan dapat memperkaya pengalaman yang diperolehnya.

Oleh karena itu, INTOSAI mengarahkan kegiatannya kepada upaya memperkuat hubungan kerja sama antar SAI. Hal ini dilakukan melalui mempromosikan pertukaran pandangan, pemikiran, dan pengalaman di bidang pemeriksaan keuangan negara.

Kapan BPK mulai masuk dalam keanggotaan INTOSAI? Jawabannya, pada Kongres INTOSAI keenam di Tokyo, tanggal 22 Mei 1968. Disahkan oleh Governing Board, BPK menjadi anggota penuh INTOSAI. Pengesahan keanggotaan BPK tersebut dihadiri oleh Ketua BPK, D Suprajogi dan Sekretaris Jenderal BPK, Muljatno Sindhudarmoko.

Sejak berdiri pada tahun 1953 sampai dengan tahun 2017, INTOSAI telah menyelenggarakan 22 kali kongres. Penyelenggaraannya dilakukan di berbagai negara anggota secara bergiliran. Setiap kongres melakukan pembahasan mengenai pengembangan organisasi dan tema-tema tertentu yang berkaitan dengan pemeriksaan keuangan negara. Kongres INTOSAI ini dilakukan setiap tiga tahun sekali.

You may also like