Melihat Tanah Merah di Tanah Papua

by Admin 1
Melihat Tanah Merah di Tanah Papua

JAKARTA, WARTAPEMERIKSA – Untuk menghubungkan daerah satu dengan yang lainnya yang masih terisolasi, Pemerintah Kabupaten Mappi, Provinsi Papua sedang giat melakukan pembangunan jalan. Meskipun jalan yang dibangun masih hanya berupa jalan tanah.

Kabupaten Mappi memiliki jenis tanah merah yang sulit untuk dilakukan pemeriksaan. Pemeriksa BPK pun melakukan pengecekan karena ada dugaan jumlah timbunan tanah merah yang digunakan untuk jalan bercampur dengan tanah asli saat itu.

Untuk memastikan hal tersebut, selain melihat sumber galian yang diambil, pemeriksa juga mengajak warga yang tinggal di sekitar jalan. Pemeriksa juga melakukan konfirmasi apakah benar jalan tersebut ditimbun atau tidak.

Hasil konfirmasi tersebut membuahkan hasil karena diketahui bahwa tidak seluruh jalan dilakukan penimbunan, melainkan hanya bagian jalan yang dilalui sungai kecil. Pada awalnya kontraktor tidak mengakui. Akan tetapi saat mendengar pengakuan warga, kontraktor pun akhirnya mengatakan bahwa tidak seluruh jalan dilakukan penimbunan. Dari pemeriksaan ini yang bisa dipetik bahwa sinergi dengan masyarakat sering dilupakan dalam pemeriksaan BPK. Kita harus meyakini bahwa pemeriksaan yang dilakukan memberikan manfaat untuk masyarakat. Karenanya sinergi dengan masyarakat selaku penerima manfaat pembangunan harus lebih ditingkatkan.

You may also like