Seberapa Penting Pengukuran Dampak dan Kinerja SAI? Ini Cerita BPK-ANAO

by Admin 1

JAKARTA, WARTAPEMERIKSA – Sekretaris Jenderal Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), Bahtiar Arif menjelaskan, pengukuran dampak dan kinerja supreme audit institution (SAI) merupakan hal yang penting. Dengan begitu SAI dapat mengukur posisi saat ini dan melakukan pengembangan internal serta menunjukkan kredibilitas kepada pemangku kepentingan eksternal.

“SAI, termasuk BPK dan ANAO, melakukan upaya maksimal untuk menjalankan ISSAI 12 “The Value and Benefits of Supreme Audit Institutions–making a difference to the lives of citizens”. Pengukuran dampak dan kinerja SAI memainkan peran penting dalam semua upaya tersebut,” kata dia dalam dialog eksekutif bertema “Mengukur Dampak dan Kinerja Supreme Audit Institution (SAI)” yang digelar secara virtual pada Kamis (30/9).

BPK, tambah dia, telah melakukan beberapa pendekatan terkait hal ini. Renstra BPK 2020-2024 telah memuat sejumlah indikator untuk menilai dampak dan kinerja BPK di tingkat organisasi. Renstra itu kemudian diturunkan ke indikator kinerja tingkat satuan kerja. Mengingat tantangan yang dihadapi, termasuk pandemi Covid-19, SAI harus memastikan bahwa kerangka kerja, pengukuran, indikator dan target telah mencerminkan kinerja dan dampak yang harus diberikan organisasi kepada publik.

Kegiatan yang digelar BPK dan Australian National Audit Office (ANAO) ini merupakan dialog eksekutif sesi II pada 2021 setelah sebelumnya dilakukan sesi I yang membahas “Aspek Ethics dalam Pemeriksaan Kinerja” pada Juni lalu. Pembicara utama pada kali ini yaitu adalah Kaditama Revbang BPK, B Dwita Pradana. Kemudian Group Executive Director dari Professional Services and Relationships Group Jane Meade dan Group Executive Director dari Performance Audit Services Group Carla Jago dari ANAO.

Kristian Gage, senior advisor ANAO untuk BPK sebagai moderator acara memberikan pengantar bahwa dua lembaga melakukan berbagai pendekatan dalam rangka mengukur dampak dan kinerja organisasi. BPK telah memuat indikator pengukuran kinerja sejak Renstra 2016-2020 dan Renstra 2020-2024 untuk memastikan pencapaian visi dan misi BPK.

Sementara ANAO melalui corporate plan telah memuat pendekatan yang dijalankan untuk mengukur dampak kinerja lembaga. Laporan tahunan ANAO juga mencakup dampak dari pemeriksaan terhadap administrasi publik. Meskipun demikian, masih terdapat tantangan yang dihadapi kedua SAI terkait pengukuran ini. Karenanya, melalui kegiatan ini, kedua SAI berharap dapat saling berbagi pengetahuan dan pengalaman terkait pengukuran dampak dan kinerja yang telah dilakukan dan tantangan yang dihadapi.

Dalam paparannya, Kepala Ditama Revbang, B Dwita Pradana menjelaskan mengenai Renstra BPK 2020-2024 dan kaitannya dengan indikator kinerja utama (IKU). Termasuk juga turunannya ke IKU satker, pengukuran dampak dan kinerja, tantangan, dan evaluasi BPK. Hasil pemeriksaan BPK telah berkontribusi kepada keuangan negara dengan memberikan rekomendasi yang memberikan dampak keuangan bagi negara. Dengan total temuan pemeriksaan periode tahun 2016-2019 sejumlah Rp140,60 triliun. Hal ini menunjukkan bahwa pemeriksaan BPK memberikan nilai tambah bagi perbaikan pengelolaan keuangan negara.  

Sementara Jane Meade, senior executive Director ANAO dalam sambutannya menyampaikan bahwa topik pengukuran dampak dan kinerja SAI merupakan tindak lanjut senior management dialogue antara ketua dan wakil ketua BPK dengan auditor general ANAO. Ini juga usulan pejabat tinggi BPK dalam pembahasan work plan kerja sama.

Di ANAO, kata dia, pengukuran dampak menjadi perhatian dari parlemen. Melalui kegiatan ini, kedua SAI berharap dapat mengeksplor secara lebih mendalam dan saling berbagi pengalaman. Apalagi terdapat kemiripan pendekatan yang dilakukan kedua SAI seperti yang termuat di Renstra BPK dan Corporate Plan ANAO.

Jane Meade dan Carla Jago juga menekankan bahwa informasi kinerja yang baik tidak hanya menyampaikan informasi mengenai apa yang dilakukan, efisiensi, dan kualitasnya. Akan tetapi juga dampak. Di ANAO, dampak kinerja diukur dengan beberapa ukuran. Termasuk persentase dari rekomendasi yang disepakati dengan entitas, rekomendasi yang ditindaklanjuti entitas, dan survei peserta JCPAA (Joint Committee of Public Accounts and Audit) yang puas atas kinerja ANAO dalam memperbaiki sektor publik dan mendukung transparansi dan akuntabilitas.

You may also like