BPK Berpartisipasi dalam ASEANSAI Summit 2023

by Admin 1

JAKARTA, WARTAPEMERIKSA — Lembaga pemeriksa se-ASEAN, yaitu ASEAN Supreme Audit Institutions (ASEANSAI), akan menggelar konferensi tingkat tinggi bertajuk 7th ASEANSAI Summit 2023 pada 1-3 November 2023 di Filipina. Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) sebagai Sekretariat ASEANSAI juga akan berpartisipasi dalam pertemuan tingkat tinggi tersebut.

ASEANSAI Summit merupakan pertemuan dua tahunan ASEANSAI yang bertujuan untuk menyepakati isu strategis dan menandai penyerahan keketuaan ASEANSAI.

Dalam 7th ASEANSAI Summit kali ini, akan dilakukan penyerahan jabatan Keketuaan dari SAI Myanmar kepada SAI Filipina.

Agenda strategis lainnya adalah pengesahan dokumen ASEANSAI, seperti revisi rules & procedures, ASEANSAI Annual Results Report 2023, dan work plan komite. Kemudian, dilakukan penunjukan dan pengesahan beberapa jabatan dalam ASEANSAI (auditor, komite, dan sekretariat).

Dalam summit kali ini, BPK rencananya akan kembali ditunjuk sebagai longer-term secretariat periode 2024-2029. Selain itu, BPK juga menyampaikan paparan terkait laporan sekretariat.

Kemudian, Sekjen BPK RI sebagai Kepala Sekretariat ASEANSAI akan memimpin pelaksanaan technical meeting serta menyampaikan laporan tentang kegiatan sekretariat di summit.

Sebagai Sekretariat, BPK juga berkoordinasi dengan tuan rumah terkait penyelenggaraan pertemuan dan penyiapan materi serta memfasilitasi pelaksanaan preparatory meeting dan rehearsal.

You may also like