BPK Berbagi Ilmu Audit Investigasi untuk Auditor Badan Pemeriksa Vietnam

by Admin 4

Jakarta, WARTAPEMERIKSAAuditor Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI menjadi Subject Matter Expert atau pemateri ahli untuk Pelatihan Audit Forensik di Kantor Pusat Badan Pemeriksa Vietnam atau State Audit Office Viet Nam (SAV), Hanoi. Kegiatan yang berlangsung pada 31 Oktober sampai dengan 2 November 2023 ini merupakan implementasi kerja sama bilateral antara BPK RI dengan SAV dan berdasarkan permintaan dari SAV.

Pemateri merupakan auditor dari Auditorat Utama Investigasi BPK, Nanik Rahayu dan Hendratna Mutaqin. Keduanya berbagi ilmu tentang materi pelaksanaan audit investigatif yang telah dilaksanakan di BPK RI. Materi tersebut meliputi peran BPK dalam pemberantasan korupsi; struktur dan tugas Auditorat Utama Investigasi; tahapan dalam audit investigatif, penghitungan kerugian negara, dan pemberian keterangan ahli; serta materi terkait forensik audit dan digital forensic.

Pelatihan diikuti oleh 46 auditor dan pegawai dari Kantor Pusat serta 13 Kantor Perwakilan SAV dari seluruh provinsi di Vietnam. Auditor dan pegawai dari Kantor Pusat SAV berasal dari Departemen Audit maupun dari Departemen Penunjang Pendukung misal dari Departemen Hukum dan Departemen Quality Control. Melalui pelatihan ini, SAV diharapkan dapat menerapkan ilmu dan pengalaman yang didapatkan dari BPK dalam pemeriksaannya.

Deputy Auditor General SAV Mr. Bui Quoc Dung,mengucapkan terima kasih kepada BPK RI atas kesediaan berbagi ilmu dan pengalaman terkait audit investigatif dan berharap kerja sama bilateral antara kedua institusi dapat terus berlanjut.

Sebelumnya, pembahasan topik Corruption Fighting and Preventing pernah dilaksanakan dalam Joint Workshop Tahun 2022 di Jakarta, Indonesia, dimana BPK RI dan SAV berbagi pengetahuan dan pengalaman mengenai pencegahan dan pemberantasan korupsi di negara masing-masing sesuai kewenangannya.

You may also like