BPK-ANAO Berbagi Wawasan Tentang Pemeriksaan Pascapandemi

by Admin 1
Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) bekerja sama dengan Australian National Audit Office (ANAO) kembali menyelenggarakan Senior Management Dialogue pada Jumat, 30 Juli 2011 secara virtual.

JAKARTA, WARTAPEMERIKSA – Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) bekerja sama dengan Australian National Audit Office (ANAO) kembali menyelenggarakan Senior Management Dialogue pada Jumat, 30 Juli 2011 secara virtual. Ini merupakan kelanjutan dari pelaksanaan Senior Management Dialogue Sesi I antara Ketua BPK dan Auditor General ANAO yang digelar pada 10 Juni 2021.

Senior Management Dialogue Sesi II ini membahas mengenai “Peran Pemeriksaan oleh SAI pada Masa Pasca-Pandemi Covid-19”. Paparan dan dialog dilaksanakan secara akrab antarpejabat senior. Kedua institusi berharap untuk mendapatkan wawasan mendalam tentang bagaimana masing-masing melakukan pemeriksaan di lingkungan pascapandemi.

Fokusnya yaitu pada tantangan utama, risiko audit, pendekatan audit, temuan utama, dan rekomendasi audit. Acara yang dimoderatori oleh Senior Advisor ANAO untuk BPK, Kristian Gage ini dihadiri oleh pejabat tinggi ANAO, para pejabat tinggi madya dan beberapa pejabat tinggi pratama BPK, serta perwakilan dari unit kerja yang terkait.

Acara dibuka dengan sambutan Sekretaris Jenderal BPK, Bahtiar Arif dan Group Executive Director Professional Services & Relationships Group ANAO Jane Meade. Bahtiar Arif menyampaikan bahwa hasil diskusi ini diharapkan dapat memberikan masukan penting bagi BPK dan ANAO. Ini mengingat efektivitas SAI sangat tergantung pada kemampuan mereka dalam merespons pandemi Covid-19 dengan intervensi yang tepat.

Setiap SAI perlu fokus pada risiko yang muncul dan bagaimana menggunakan posisinya dalam sistem pengelolaan keuangan negara demi kepentingan masyarakat, pemerintah, dan seluruh pemangku kepentingan.

Jane Meade dalam kata sambutannya menyampaikan apresiasi kepada seluruh pihak di BPK. Khususnya karena terus berkomitmen dalam menjalankan kegiatan kerja sama bilateral sesuai dengan Workplan 2020-2021. Terutama yang menyangkut peran dan kinerja kedua SAI dalam menghadapi lingkungan operasi yang berubah akibat pandemi Covid-19.

Bertindak sebagai pembicara utama dari BPK dalam acara ini adalah Tortama III, Bambang Pamungkas. Bambang merupakan Koordinator Bidang APBN pada Komite Pelaksana Kelompok Kerja Pemeriksaan atas Pengelolaan dan Tanggung Jawab Keuangan Negara dalam Penanganan Pandemi Covid-19 tahun 2020.

Sementara itu, paparan ANAO disampaikan oleh Jane Meade (Group Executive Director Professional Services & Relationships Group), Bola Oyentunji (Senior Executive Director of the Systems Assurance & Data Analytics Group), dan Carla Jago (Group Executive Director Performance Audit Services Group).

Selepas sesi paparan dari kedua SAI, moderator acara mempersilakan kepada peserta dari BPK dan ANAO untuk dapat saling mengajukan pertanyaan. Dalam kesempatan sesi Tanya-jawab tersebut, BPK dan ANAO saling bertukar informasi seputar dampak situasi pandemi terhadap pelaksanaan kerja pemeriksaan.

Dalam sesi penutup acara ini, Kristian Gage menyampaikan bahwa kegiatan Senior Management Dialogue antara BPK dan ANAO pada hari ini akan dilanjutkan dengan sesi ketiga pada 3 Agustus 2021 dengan mengusung topik mengenai “Memahami dan Menanggapi dampak COVID terhadap Aspek SDM pada SAI”.

You may also like