BPK Alami Banyak Kemajuan? Ini Kata Ketua DPD

by Admin 1

JAKARTA, WARTAPEMERIKSA – Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) dinilai memiliki banyak kemajuan dalam beberapa tahun terakhir. Menurut Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI, La Nyalla Mahmud Mattalitti, BPK mampu bergerak lebih jauh dan pesat tak hanya di dalam negeri, tapi juga di lingkup internasional.

“Hal ini menunjukkan bahwa BPK adalah salah satu lembaga negara yang telah terbukti profesional serta memiliki kinerja dan prestasi yang sangat membanggakan, baik di dalam maupun di luar negeri.

La Nyalla mengapresiasi pencapaian BPK di berbagai forum, baik nasional maupun internasional. Apalagi, pada masa pandemi Covid-19 yang sudah berjalan lebih dari dua tahun, BPK terbukti berhasil menjaga keuangan negara meskipun dalam situasi yang tidak normal dan penuh ketidakpastian.

“BPK sebagai lembaga pemeriksa keuangan negara mampu memenuhi tugas konstitusional, sehingga, keuangan negara tetap dapat dipergunakan untuk kesejahteraan dan kemakmuran rakyat Indonesia,” kata Ketua DPD kepada Warta Pemeriksa, belum lama ini.

Ketua DPD mengatakan, BPK juga berhasil menjaga kinerjanya sebagai pemeriksa eksternal di badan-badan internasional serta sebagai anggota Independent Audit Advisory Committee di bawah Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

“Selain itu, sebagaimana kita ketahui bersama bahwa di tahun-tahun sebelumnya BPK dipercaya sebagai pemeriksa eksternal pada International Atomic Energy Agency (IAEA) sejak 2016 sampai 2021,” katanya.

Selain dipercaya sebagai pemeriksa eksternal pada IAEA, pemeriksa BPK juga terpilih menjadi eksternal independen pada International Anti-Corruption Academy periode 2019 hingga 2021. Menurut Ketua DPD, pihaknya juga mengetahui bahwa BPK juga menjadi United Nations Panel of External Auditors dan terlibat aktif di organisasi pemeriksa se-ASEAN, se-Asia, dan sedunia.

“Hal ini menunjukkan bahwa BPK adalah salah satu lembaga negara yang telah terbukti profesional serta memiliki kinerja dan prestasi yang sangat membanggakan, baik di dalam maupun di luar negeri,” katanya.

Ia berharap BPK dapat meneruskan prestasi yang telah dicapai selama ini. Sebab, prestasi BPK di dalam dan luar negeri tersebut juga dapat menjadi cermin oleh lembaga-lembaga lain untuk semakin berbuat yang terbaik bagi bangsa.

You may also like