Jaga Akuntabilitas, Wali Kota Balikpapan Ingin Perkuat Sinergi dengan BPK

by Admin

JAKARTA, WARTA PEMERIKSA — Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas’ud mengapresiasi langkah Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) yang telah menggelar acara penyampaian Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) atas Laporan Keuangan Pemerintah Pusat (LKPP) Tahun 2023 dan Ikhtisar Hasil Pemeriksaan Semester II (IHPS II) 2023 di JCC, Senayan, Jakarta pada Senin (8/7/2024). Berbeda dengan sebelumnya, kali ini BPK turut mengundang seluruh bupati, walikota, gubernur, menteri serta kepala lembaga negara pada acara tersebut.

“Kami sebagai kepala daerah sangat memberikan apresiasi kepada BPK atas penyelenggaraan acara ini. Saya pikir ini baik untuk menambah wawasan kami sebagai kepala daerah,” ujar Rahmad.

Menurutnya, acara tersebut dapat meningkatkan pemahaman mengenai pemanfaatan keuangan negara sehingga bisa tepat sasaran, akuntabel, dan dapat dipertanggungjawabkan. Rahmad mengaku ingin bisa terus berkolaborasi dan bersinergi dengan BPK.

“Poin pentingnya adalah untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik. Kita ingin agar keuangan negara yang kami kelola ini bisa dirasakan manfaatnya sebesar-besarnya oleh masyarakat,” ujarnya.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo turut mengapresiasi seluruh jajaran pemerintah atas capaian opini WTP pada LKPP. “Saya berharap acara ini dapat dimanfaatkan untuk mengambil pelajaran dan pengetahuan dari apa yang dihasilkan BPK, dan mari kita bersama mengelola keuangan negara untuk kesejahteraan rakyat,” kata Presiden.

Dinamika pengelolaan keuangan negara yang semakin berkembang di tengah tantangan dan disrupsi membutuhkan multistakeholder engagement yang efektif. BPK mengapresiasi pemerintah yang berkomitmen dan berupaya keras menguatkan fondasi akuntabilitas dalam mengelola tata kelola keuangan negara sebagai landasan kuat pemerintahan selanjutnya.

You may also like