Mengenal ASEANSAI, Organisasi Lembaga Pemeriksa yang Diinisiasi BPK

by Admin 1
ASEANSAI

JAKARTA, WARTAPEMERIKSA — Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) aktif di berbagai organisasi pemeriksa internasional. Salah satu organisasi tersebut adalah ASEANSAI yang merupakan organisasi lembaga pemeriksa anggota negara-negara ASEAN.

ASEANSAI berdiri pada 16 November 2011 di Bali. Seluruh ketua dari 10 Badan Pemeriksa Keuangan (SAI) negara anggota ASEAN menandatangani perjanjian pembentukan ASEANSAI.

Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK RI) menjadi inisiator dan memimpin pembentukan organisasi tersebut sekaligus menjadi tuan rumah SAIs Summit of the ASEAN Member States yang merupakan pertemuan Sidang Pertama dari ASEANSAI (the 1st ASEANSAI Assembly).

Seluruh SAI negara anggota ASEAN mendukung dan memberikan komitmen yang kuat untuk bersama-sama membangun kapasitas institusi SAI negara-negara ASEAN melalui organisasi ASEANSAI.

ASEANSAI merupakan suatu organisasi profesional yang independen, otonom, dan nonpolitik. ASEANSAI merupakan suatu forum untuk meningkatkan kapasitas dan kerja sama di bidang audit sektor publik di wilayah ASEAN.

Selain itu, ASEANSAI saat itu diharapkan dapat memberikan kontribusi yang positif dan membangun dalam rangka pembentukan ASEAN Community pada tahun 2015. Hal tersebut dapat terlaksana melalui pertukaran pengetahuan dan pengalaman atas praktik-praktik terbaik dalam melaksanakan audit sektor publik di masing-masing SAI.

Dalam rangka melaksanakan tujuan tersebut, ASEANSAI menjadi entitas yang berasosiasi dengan ASEAN. Akan tetapi, ASEANSAI bukan merupakan organ dari ASEAN, kedudukan ASEANSAI terhadap ASEAN adalah seperti kedudukan ASEAN Inter-Parliamentary Assembly.

“Ada beberapa tugas Sekretariat ASEANSAI. Tugas tersebut adalah memfasilitasi pertemuan ASEANSAI, sirkulasi informasi dan meminta informasi kepada dan dari seluruh anggota ASEANSAI, melakukan kompilasi semi-annual, dan annual report.”

Pada sidang pertama ASEANSAI, BPK RI mendapat kehormatan untuk menjadi pemimpin ASEANSAI periode 2012-2013. Ketua ASEANSAI dijabat oleh Ketua BPK RI dan Kepala Sekretariat dijabat oleh Sekretaris Jenderal BPK RI. Sedangkan Wakil Ketua ASEANSAI dijabat oleh Ketua SAI Brunei Darussalam.

Selain itu, disepakati juga bahwa ASEANSAI memiliki lima komite, yaitu Strategic Plan Committee, Knowledge Sharing Committee, Training Committee, Rules and Procedures dan Executive Committee.

Organisasi ASEANSAI dipimpin oleh ketua dan wakil ketua (dibantu oleh sekretariat untuk operasional sehari-hari) dan terdiri dari lima komite.

Komite Eksekutif diketahui terdiri dari Ketua dan Wakil Ketua ASEANSAI yang berfungsi sebagai pengarah dalam organisasi ASEANSAI. Adapun mengenai Ketua ASEANSAI, periode keketuaan ASEANSAI berlangsung selama dua tahun.

Setelah BPK (SAI Indonesia) berperan sebagai Ketua ASEANSAI pertama, peran ketua telah berpindah beberapa kali, mulai dari SAI Brunei Darussalam (2013-2015), SAI Kamboja (2015-2017), SAI Laos (2017-2019), SAI Malaysia (2019-2021), dan SAI Myanmar (2021-2023).

Sementara mengenai fungsi sekretariat, posisi Sekretariat ASEANSAI pada awalnya berpindah sesuai dengan posisi keketuaan ASEANSAI setiap dua tahun sekali. Namun dengan pertimbangan keberlangsungan kegiatan ASEANSAI, maka sejak tahun 2016, disepakati adanya sekretariat yang lebih permanen melalui amandemen agreement ASEANSAI dengan masa tugas enam tahun.

Penunjukan longer term secretariat ini telah disepakati pada ASEANSAI Summit di Vientiane, Laos, pada November 2017. Ketika itu BPK dipercaya untuk menjalankan posisi tersebut hingga tahun 2023.

Ada beberapa tugas Sekretariat ASEANSAI. Tugas tersebut adalah memfasilitasi pertemuan ASEANSAI, sirkulasi informasi dan meminta informasi kepada dan dari seluruh anggota ASEANSAI, melakukan kompilasi semi-annual, dan annual report.

Tugas lainnya adalah mengelola hubungan dan komunikasi dengan pihak eksternal ASEANSAI dan lembaga donor. Kemudian, menyediakan dukungan administratif untuk kegiatan ASEANSAI. Meliputi perencanaan anggaran, mengelola keuangan dan rekening ASEANSAI, laporan keuangan, dan laporan kegiatan. Termasuk mengelola website dan menerbitkan ASEANSAI newsletter.

You may also like