Majalah Warta Pemeriksa Edisi Desember 2023

by Ratna Darmayanti

Pada edisi Desember 2023 ini, Warta Pemeriksa berbicara tentang Ketua Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), Isma Yatun bertemu dengan Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guteres di Markas Besar PBB di New York, Amerika Serikat. Pertemuan dalam kapasitas sebagai Ketua Panel Eksternal Auditor Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) itu dilaksanakan pada November 2023 lalu.

Kepada Sekjen PBB, Isma menekankan pentingnya pengelolaan risiko yang efektif karena situasi konflik,periode pasca-Covid-19, serta tekanan inflasi dan mata rantai global. Hal ini mengakibatkan adanya tantangan pendanaan termasuk masalah likuiditas. Untuk itu, panel mengharapkan adanya strategi pendanaan yang terstruktur dengan baik. Panel juga membahas pengelolaan pendanaan perubahan iklim dan transformasi digital di PBB.

Bahasan lain yaitu mengenai ekonomi hijau. Khususnya terkait komitmen BPK untuk mendukung implementasi tujuan pembangunan berkelanjutan (Sustainable Development Goals/SDGs). Komitmen tersebut diwujudkan antara lain dengan penyelenggaraan International Training mengenai Audit SDGs denganfokus Transisi Energi sebagai bagian Green Economy di Balai Diklat Pemeriksaan Keuangan Negara Bali dari 27 November sampai 1 Desember 2023.

Selengkapnya, hanya di Warta Pemeriksa Edisi Desember 2023.

You may also like