Majalah Warta Pemeriksa Edisi Agustus 2024

by Ratna Darmayanti

Isu utama yang redaksi angkat dalam 2024 ini yakni terkait penyusunan Rencana Strategis (Renstra) Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) 2025-2029. Penyusunan renstra telah dimulai sejak September 2023. Kegiatan diawali dengan penyusunan kerangka Warta Pemeriksa edisi Agustus acuan kerja (KAK) yang dilakukan oleh Direktorat Perencanaan Strategis dan Manajemen Kinerja (PSMK).

Terkait dengan itu, sidang BPK ke-9 yang digelar pada 31 Juli 2024 telah memutuskan visi Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) 2025-2029 yaitu “Menjadi lembaga pemeriksa yang tepercaya untuk mewujudkan pencapaian tujuan negara”. Kemudian misi BPK 2025-2029 adalah memeriksa pengelolaan dan tanggung jawab keuangan negara secara berkualitas dan bermanfaat,
mendukung pemberantasan korupsi dan penyelesaian ganti kerugian negara/ daerah, serta melaksanakan tata kelola organisasi yang bebas, mandiri, transparan dan akuntabel.

Ketua BPK Isma Yatun pun meminta seluruh insan BPK untuk bersiap menyambut renstra. Termasuk pentingnya percepatan dan penguatan transformasi digital dalam pemeriksaan BPK. Selain platform big data analytics, BPK juga harus bisa memanfaatkan artificial intelligence atau AI untuk mendukung proses pemeriksaan dan menguatkan cyber security untuk menjaga keamanan pengelolaan data dan informasi.

Informasi lain yang redaksi siapkan yakni apresiasi Presiden Joko Widodo terhadap kinerja BPK yang disampaikan dalam Sidang Tahunan MPR RI dan Sidang Bersama DPR dan DPD RI dalam rangka HUT ke-79 Proklamasi Kemerdekaan RI pada 16 Agustus 2024. Presiden menyatakan, BPK telah mengawasi penggunaan anggaran negara serta memperkokoh kepercayaan dan kepemimpinan Indonesia di dunia internasional melalui keaktifannya dalam organisasi dan forum-forum internasional.

Masih banyak informasi menarik lain yang telah redaksi siapkan untuk para pembaca dan BPKawan sekalian. Selamat menikmati Majalah Warta Pemeriksa Edisi Agustus 2024.

You may also like