Majalah Warta Pemeriksa Edisi Maret 2024

by Ratna Darmayanti

Rapat Koordinasi Pelaksana Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Tahun 2024 menjadi salah satu isu utama Warta Pemeriksa edisi Maret 2024. Kegiatan yang berlangsung pada Senin, 25 Maret 2024 itu mengusung tema “Membangun Budaya Kerja untuk BPK Semakin Berkinerja”.

Pemilihan tema ini sebagai harapan agar budaya kerja yang sudah dimiliki BPK dapat terus ditingkatkan dan diimplementasikan. Khususnya di tengah dinamika dan tantangan perkembangan lingkungan di eravolatility, uncertainty, complexity, and ambiguity (VUCA) serta disrupsi teknologi seperti saat ini.

Satu hal yang ditekankan dalam acara ini antara lain fokus mengenai kebijakan pemeriksaan SDGs. Disebutkan, pemeriksaan SDGs perlu dilanjutkan dengan lebih melibatkan BPK Perwakilan untuk mendukung konsep localizing SDGs. Ini karena banyak target SDGs berkaitan dengan tanggung jawab pemerintah daerah.

Hal lainnya adalah perlunya pemutakhiran dan perluasan data keuangan negara yang ada dalam BIDICS di seluruh level pemerintahan. Baik pemerintah pusat, pemerintah daerah, BUMN/BUMD dan badan lainnya. Harapannya, para pemeriksa dapat memanfaatkan BIDICS dalam setiap penugasannya.

Informasi lain yang redaksi siapkan yaitu mengenai sejumlah permasalahan terkait layanan impor oleh Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC) Kementerian Keuangan. Hal itu disampaikan dalam laporan hasil pemeriksaan atas pengelolaan cukai dan pabean terhadap tiga objek pemeriksaan pada Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC) Kementerian Keuangan pada semester I 2023.

Tiga objek pemeriksaan itu yakni pengelolaan fasilitas tempat penimbunan berikat dan kemudahan impor tujuan ekspor (KITE) tahun 2021 dan 2022, pengelolaan cukai hasil tembakau tahun 2021 dan 2022, serta pengelolaan kepabeanan impor untuk dipakai tahun 2021 dan 2022. Pengelolaan cukai dan pabean dilakukan untuk mendukung Program Prioritas (PP) 8 yakni penguatan pilar pertumbuhan dan daya saing ekonomi, khususnya kegiatan prioritas (KP) reformasi fiskal.

Jangan lewatkan juga informasi untuk melihat cara ANAO menerapkan lingkungan kerja yang fleksibel bagi ibu pekerja. Masih terkait dengan itu, simak perjalanan Hediana Makmur dalam menyelami semangat RA Kartini. Cerita Hediana yang kini menjabat sebagai Kepala Bidang Sertifikasi dan Akreditasi Badan Pendidikan dan Pelatihan Pemeriksaan Keuangan Negara bisa menjadi inspirasi bagi para perempuan, terutama pegawai perempuan di BPK, dalam menjalani kariernya. Ini juga selaras dengan semangat RA Kartini yang dahulu memperjuangkan kesetaraan hak antara perempuan dan laki-laki.

Masih banyak informasi lain yang redaksi siapkan untuk para pembaca dalam Warta Pemeriksa edisi kali ini. Selamat menikmati Warta Pemeriksa Edisi Maret 2024.

You may also like