Seperti Apa Hubungan BPK dan ACH Rusia?

by Admin 1

JAKARTA, WARTAPEMERIKSA – Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) dan The Account Chamber of the Russian Federation (ACH) memiliki sejarah hubungan yang panjang. Tidak hanya hubungan kerja sama bilateral. Akan tetapi juga melalui organisasi pemeriksa, seperti ASOSAI dan INTOSAI.

“Kedua SAI telah bersama-sama berpartisipasi secara aktif dalam berbagai working group di ASOSAI dan INTOSAI. Termasuk beberapa kegiatan yang diselenggarakan oleh ACH dalam kerangka organisasi INTOSAI,” kata Kepala Biro Hubungan Masyarakat dan Kerja Sama Internasional, Selvia Vivi Devianti saat memberikan sambutan pembukaan seminar bilateral tahun 2021 secara virtual, Kamis (14/10).

Seminar bilateral ini merupakan bagian dari implementasi kerja sama dua institusi yang telah dimulai sejak penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) pada 2007 yang diperbaharui pada 2019. Seminar ini bertujuan untuk saling berbagi pengetahuan dan pengalaman, khususnya terkait pengelolaan kerja sama internasional dan pelaksanaan pemeriksaan eksternal yang dilakukan oleh kedua supreme audit institution (SAI) pada organisasi internasional. Khususnya organisasi di bawah Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). Ada dua topik utama yang dibahas dalam acara ini, yaitu “Managing International Relations” dan “International Institutions and External Audit by SAIs”.

Selvia menjelaskan, topik pembahasan pada seminar kali ini relevan untuk peserta karena membicarakan topik yang menjadi pekerjaan sehari-hari dalam mengelola kerja sama internasional. Selain itu, diskusi juga penting bagi kedua institusi yang sedang terlibat dalam pemeriksaan lembaga internasional di bawah PBB. Seperti International Maritime Organization (IMO), International Automic Energy Agency (IAEA), dan United Nations Industrial Development Organization (UNIDO).

“Forum berbagi pengetahuan dan pengalaman ini diharapkan memberikan pencerahan dan memunculkan ide-ide baru yang segar untuk meningkatkan kualitas pengelolaan kerja sama internasional dan pelaksanaan pemeriksaan di organisasi PBB,” papar dia.

Sementara itu, dalam sambutannya, Director of Department for International and Regional Cooperation ACH, Timur Makhmutov juga menyampaikan apresiasi dan rasa terima kasih kepada BPK yang telah menjadi tuan rumah penyelenggaraan seminar bilateral ini. Dia pun mendorong peningkatan kerja sama yang telah ada mengingat kedua organisasi memiliki kesamaan pengalaman dan pengetahuan dalam berbagai hal.

Khususnya sebagai pengelola organisasi internasional dan menjadi pemeriksa eksternal organisasi PBB. “Kedua lembaga juga memiliki kemauan untuk terus mengembangkan diri menjadi lembaga pemeriksa yang andal dan memberikan dampak bagi negara dan komunitas internasional,” papar dia.

Pada kesempatan ini, Timur Makhmutov didampingi oleh Director of the Department for Financial Audit, Elena Boytsova. Hadir juga para pejabat terkait dari Department for International and Regional Cooperation dan Department for Financial Audit.

Sedangkan Selvia Vivi didampingi oleh para pejabat dan staf Bagian Kerja Sama Internasional BPK. Hadir juga Deputy in charge for External Audit BPK, Yudi Ramdan serta pengendali teknis dan ketua tim eksternal audit BPK. 

Sebagai tindak lanjut atas kegiatan tersebut, akan dilaksanakan kembali seminar bilateral pada 2022. Sementara topik dan waktu akan disepakati kemudian oleh kedua institusi. 

You may also like